Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Firewall Di Windows 7,8 dan 10

Hampir setiap sistem operasi windows terdapat firewall di dalamnya. Lalu tahukah sobat komputer, apa manfaat firewall itu? Tentunya banyak sekali manfaat firewall ini salah satunya adalah mencegah atau melindungi serangan dari luar berupa software berbahaya dan lain sebagainya dengan cara melakukan penyaringan terhadap paket yang melewatinya. Untuk memahai lebih jelas lagi, silahkan anda simak ulasan sebelumnya yaitu mengenai Pengertian,Fungsi Dan Jenis-Jenis Firewall. Lalu bagaimakah peran firewall ini?

Meskipun firewall ini dirasa cukup penting dalam memproteksi komputer kita akan tetapi saat kita mengaktifkanya kemungkinan nanti akan memunculkan notifikasi terus menerus dan cukup menggangu penggunanya.

Maka dari itu perlu dinonatifkan. dan tidak perlu khawatir komputer anda tidak aman lagi kalau firewall dimatikan. Nah, di sini ada dua cara yang bisa anda gunakan, melalui CMD dan juga Control panel. Jadi bebas anda menggunakan cara yang mana. Saran saya pilihlah cara yang menurut anda paling mudah. Tapi sepertinya kedua cara di bawah ini tidak ada yang sulit, langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Firewall dengan CMD

A. Cara yang pertama

  1. Tekan tombol windows + X secara bersamaan pada keyboard.
  2.  Setelah itu pilih Command Prompt (Admin).
  3.  Silahkan anda masukan perintah berikut ke CMD tadi.

Perintah untuk mematikan firewall :

netsh advfirewall set allprofiles state off

Perintah untuk menghidupkan firewall :

netsh advfirewall set allprofiles state on

  1.  Silahkan anda pilih salah satu perintah tadi sesuai dengan yang anda ingingkan.
  2. Tekan enter dan selesai.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Firewall lewat Control Panel

  1. Tekan tombol windows + X secara bersamaan pada keyboard.
  2. Setelah itu pilih control panel.
  3.  Ketikan firewall pada kotak pencarian di control panel.
  4.  Untuk Menonaktifkan anda beri centang semuanya pada Turn off Windows Firewall (not recommended). Begitupun sebaliknya jika anda ingin mengaktifkannya beri centang semua pada Turn on Windows Firewall.

B. Cara yang kedua

1. Pertama anda harus masuk ke menu Windows Firewall melalui control panel. Atau bisa juga dengan cara menekan tombol Windows + R kemudian ketikkan firewall.cpl lalu Enter.

2. Pada menu Windows Firewall, pilih Turn Windows Firewall on or off.

3. Selanjutnya pilih Turn off Windows Firewall (not recommended) pada Private network settings maupun Public network settings. Kemudian pilih OK.

C. Cara yang ketiga

1. Tekan tombol Ctrl + R. Kemudian ketikkan firewall.cpl, lalu tekan Enter.

2. Pilih Advanced settings.

3. Pilih Properties.

4. Pada tab Domain profile, pilih Off pada opsi Firewall state, kemudian Apply.

5. Pada tab Private Profile, pilih Off juga kemudian Apply.

6. Pada tab Public Profile, pilih Off juga dan terakhir pilih OK.

Gagal mematikan firewall?

Mungkin anda mendapatkan masalah ketika ingin mematikan firewall melalui Windows Firewall dikarenakan opsi Turn Windows Firewall on or off tidak bisa diklik. Salah satu penyebab utama dari masalah ini dikarenakan semua pengaturan firewall diatur oleh antivirus yang terinstall pada PC atau laptop anda.

Seperti yang anda lihat pada gambar dibawah terdapat tulisan These settings are being managed by vendor application Avast Premier, yang berarti bahwa semua pengaturan firewall diatur dan dikendalikan oleh antivirus yang terinstall (sebagai contoh, antivirus pada laptop saya: Avast Premier.)

Cara mengatasi masalah ini

Untuk mengatasinya, anda bisa mencoba langkah-langkah berikut ini:

1. Buka antivirus anda, kemudian pilih Protection.

2. Pilih Firewall.

3. Klik tombol ON yang berwarna hijau. Selanjutnya pilih berapa lama anda ingin mematikan firewallnya:

  • Stop for 10 minutes (selama 10 menit)
  • Stop for 1 hour (selama 1 jam)
  • Stop until your next restart (sampai PC direstart kembali)
  • Stop indefinitely (selamanya)

Perlu anda ketahui bahwa untuk mematikan firewall di masing-masing antivirus berbeda-beda, jadi tidak mungkin semua sama dengan yang diatas. Yang terpenting, cari opsi yang bertuliskan firewall pada antivirus anda.

Jika anda tidak ada keperluan penting, maka tidak disarankan untuk mematikan firewall pada PC atau laptop anda. Berhubung peran firewall ini cukup penting sebagai lalu lintas jaringan, jadi matikan firewall jika dirasa perlu bukan sekedar iseng-iseng saja.

Baiklah, Itulah langkah-langkah bagaimana cara mematikan firewall di windows 7, 8 dan 10 dengan mudah. Tinggalkan komentar dibawah jika ada pertanyaan seputar firewall.

Sumber 1 dan sumber 2